Yayasan Pesantren Ramah Anak (YPRA) Melakukan Audiensi ke Kantor UNICEF Indonesia dalam Rangka Mewujudkan Pesantren Ramah Anak di Indonesia

Audiensi YPRA Yayasan Pesantren Ramah Anak ke Kantor UNICEF Indonesia di Jakarta (3/10) (dok.YPRA)

 

Jakarta, 6 Oktober 2023 – Yayasan Pesantren Ramah Anak (YPRA) yang dipimpin oleh Ketua Hena Rustiana telah mengadakan audiensi penting dengan perwakilan dari UNICEF Indonesia, Muhammad Zubedy Koteng, yang dikenal dengan sebutan Pak Edy. Pertemuan ini berlangsung pada hari Selasa, 3 Oktober 2023, di kantor UNICEF Indonesia di Jakarta. Pertemuan tersebut merupakan tanggapan atas keprihatinan terhadap masalah kekerasan pada anak-anak yang terjadi di lingkungan pesantren.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Dewan Pembina YPRA, KH Rakhmad Zailani Kiki, Sekretaris YPRA Hesti Farida Al Bastari, dan Bendahara YPRA Dr. Badrah Uyuni, bersama dengan perwakilan UNICEF Indonesia lainnya.

Pada pertemuan tersebut, YPRA menjelaskan program-program dan inisiatif yang telah mereka jalankan untuk meningkatkan akses pendidikan berkualitas dan perlindungan anak-anak di pesantren di seluruh Indonesia. Salah satu program unggulan YPRA adalah “Pelatihan Konselor Pesantren Ramah Anak,” yang bertujuan mencetak para konselor untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung perkembangan anak-anak di pesantren.

Salah satu tujuan besar dari audiensi ini adalah untuk mendorong setiap pesantren memiliki seorang konselor yang dapat membantu dalam mencegah, mempromosikan, dan mengobati masalah terkait anak-anak. Di Jakarta saja, terdapat 167 pesantren yang berpotensi untuk terlibat dalam upaya ini.

 

Pengurus YPRA Yayasan Pesantren Ramah Anak melakukan kunjungan ke kantor UNICEF Indonesia (dok.YPRA)

 

Kerja sama antara YPRA dan UNICEF Indonesia diharapkan dapat membentuk “Pesantren Ramah Anak” di seluruh negeri. Kolaborasi diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mendukung bagi anak-anak di pesantren.

 

Ketua YPRA, Hena Rustiana, menyatakan harapannya untuk masa depan yang lebih baik bagi anak-anak di pesantren melalui kerja sama dengan UNICEF Indonesia. “Kami percaya bahwa setiap anak di Indonesia berhak mendapatkan pendidikan berkualitas dan perlindungan yang layak. Dengan dukungan dari UNICEF Indonesia, kami yakin dapat mencapai visi ini.”

 

Ini adalah langkah awal dalam perjalanan panjang untuk meningkatkan kondisi anak-anak di pesantren-pesantren di seluruh Indonesia. Harapannya, kerja sama yang akan datang akan membantu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

(HF/YPRA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top